Loading...

Translate

Jumat, 24 April 2015

ECO OFFICE



Program "Eco Office" merupakan program yang melibatkan setiap personil kantor untuk berperan aktif dalam kegiatan mewujudkan lingkungan kantor yang bersih dan efisien dalam memanfaatkan sumberdaya alam dan energi serta berperilaku yang berpihak pada upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.
Konsep "Eco Office" diambil dari dua kata dalam bahasa inggris yang mempunyai definisi berbeda, yaitu : 'Eco' dan 'Office'. Eco diambil dari kata ekologi (ecology) yang merupakan ilmu yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antara organisme satu dengan yang lain serta dengan lingkungannya. Sedangkan office mempunyai definisi sebuah institusi pemerintah maupun swasta tempat berkumpul dan beraktivitas untuk menghasilkan sesuatu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
Mengingat kompleksitas persoalan lingkungan dan menurunnya kualitas lingkungan bagi kehidupan manusia telah memunculkan kebijakan pembangunan yang mengintegrasikan masyarakat mempunyai hak yang sama dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup. Untuk pelestarian lingkungan hidup perlu dilakukan pembenahan dan perbaikan lingkungan menyeluruh secara berkelanjutan dibangun dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan peran serta masyarakat tak terkecuali secara bersama-sama dalam mengatasi berbagai permasalahan ekosistem lingkungan, seperti hutan alam, mengurangi deforestasi, mencegah punahnya keanekaragaman hayati dan degradasi lahan dan sumber daya, serta meningkatkan ketahanan pangan dan akses pada air minum dan energi yang terjangkau dengan memperhatikan budaya dan kearifan lokal dimasing-masing daerah.
Pada saat ini bangsa kita mengalami krisis energi, terutama energi listrik yang menjadi polemik yang berkepanjangan dan munculnya multi spekulasi yang sangat kompleks dalam aspek kehidupan,terutama masalah sosial, ekonomi,budaya dan politik. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa energi listrik dan air serta pengelolaan lingkungan hidup sudah menjadi bagian yang sangat penting bagi umat manusia, bahkan menjadi kebutuhan utama penunjang aktivitas kehidupan.
Untuk mencukupi kebutuhan energi listrik dan air serta terjaminnya kelestarian lingkungan seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan industri serta usaha lain, maka perlu prinsip kita lakukan bersama dengan mengantisipasi yang diawali sejak usia dini dalam konsep hemat energi.

Prinsip-prinsip dasar dalam Program "Eco Office" adalah sebagai berikut :
·         Pemberdayaan, untuk melakukan kegiatan yang berwawasan lingkungan maka dilakukan upaya pemberdayaan pegawai dan karyawan kantor,
·         Komunikasi, untuk menunjang keberhasilan upaya pengelolaan lingkungan maka diperlukan kerjasama yang baik dengan mengintensifkan komunikasi antar pegawai dan karyawan kantor,
·         Berkelanjutan, program dirasakan bermanfaat dalam jangka panjang bila dilakukan secara terencana, terus menerus dan terukur sesuai dengan indikator keberhasilannya.

Tujuan eco office
·         Menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman serta menyehatkan (BERIMAS) dengan jalan pengendalian penggunaan sumber daya dan pencemaran
·         Meningkatkan ektifitas efisiensi dengan jalan menghindari pemborosan biaya dan pemakaian air, bahan bakar dan listrik
·         Mewujudkan terlaksananya pemerintahan yang selalu memperhatikan masalah lingkungan dalam segala hal kegiatan (good environmental governance)

Visi dan misi
Visi dari eco office adalah menjadikan pengelolaan lingkungan yang berada dalam kantor, termasuk pengunjung untuk menjaga aktifitas agar selalu memperhatikan kesehatan individu, lingkungan sekitarnya, agar terciptanya lingkungan bersih, indah nyaman dan menyehatkan.
Sedangkan misi eco office adalah:
·         Menciptakan lingkungan kantor dan sekitar bersih,indah, nyaman dan menyehatkan.
·         Merangsang individu dan tamu betah di dalam kantor dan lingkungan kantor.
·         Memberikan teladan bagi masyarakat tentang kepedulian dan tanggung jawab dalam menciptakan lingkungan yang BERIMAS.
·         Merangsang tumbuhnya kantor-kantor peduli lingkungan di lokasi kegiatan yang berpotensi menimbulkan pencemaran.

Manfaat Manfaat dari eco office adalah tamu dan individu kantor merasa betah di dalam kantor serta memberikan citra kepada masyarakat bahwa pengelolaan kantor dan individu yang berada di dalamnya memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan utama Program "Eco Office" adalah mewujudkan perkantoran yang bersih, efisien, ramah, hemat energi dan berbudaya lingkungan.

Penerapan konsep eco-office sangat dirasakan pentingnya guna mendukung gerakan green building atau bangunan hijau yang selama ini sering kita dengungkan. Banyak keuntungannya yang diperoleh antara lain produktifitas dari penghuni gedung yang semakin meningkat hingga isu pengurangan degradasi lingkungan yang juga tidak kalah pentingnya. Dilatar belakangi dari hal diatas, maka penataan atau desain dari sebuah ruangan menjadi sangat penting



0 komentar:

Posting Komentar

Jakarta

 
TOP