Loading...

Translate

Jumat, 24 April 2015

Review Jurnal Efektifitas Media Kotakmatika



REWIEV JURNAL
EFEKTIFITAS MEDIA KOTAKMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR 
Oleh   : Nining Purwasih

Direview oleh           :
Athifah Khairunnisa



RINGKASAN ISI JURNAL

Judul Jurnal : Efektifitas Media Kotakmatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Pada Anak Berkesulitan Belajar
Penulis : Nining Purwasih
Asal : Universitas Negeri Padang
Dimuat : http://ejournal.unp.ac.id.index.php/jupekhu (vol. 4, No: 1, hal 27-36, Maret 2015)

Abstrack : The Background of this research is found a child who has difficulties in learning in 4th class of Elementary school. This child can’t to break the exercise of the arithmetic operations of multiplication and also can’t solve the multiplication of units and tens. In order to increasing ability of arithmetic multiplication operation by using kotakmatika media in mathematics lesson.

This research using Single Subject Research method with A-B-A design. The datas about ability of multiplication of the children is written. Technical analysis of the data used Visual Analysis of Graphs. Results were analyzed include the number of observations in the baseline condition (A-1) 5 times, intervention (B) 8 times, baseline (A-2) 4 times. The results showed that kotakmatika media can enhance child’s ability significantly. It can be seen from the analysis that the trend began to increased. At baseline conditions (A-1) children are only able to answer the multiplication 6 to 10 of 20 about 30% correctly. After being given the treatment by the media of kotakmatika, child can answer questionsabout the multiplication correctly abouts 80% of the 20 questions that exist. Besides the intervention is stopped, then returned to kebaseline (A-2) in this condition the child is able to answer questions about the multiplication of 80% of the 20 questions which exist. This shows that the media kotakmatika can improve arithmetic operations of multiplication 6 to10 in child learning disabilities.

Based on data analysis that has been done, it can be concluded that through media kotakmatika can improve learning difficulties in child multiplication at fourth class. Therefore, it is suggested that in arith matic of the teacher to use kotakmatika media can improve multiplication ability in child ability.

A. Pendahuluan

Latar belakang penelitian ini adalah, peneliti menemukan anak kelas IV SD N 14 Koto Panjang Padang yang memiliki kesulitan belajar di bidang matematika khusunya pada perkalian. Anak kesulitan dalam menjawab beberapa pertanyaan yang bilangan perkaliannya besar. Anak itu pun terkadang merasa cepat bosan dengan soal-soal perkalian tersebut sehingga menjawab dengan sesuka hatinya tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Tak hanya itu, anak tersebut juga tidak memiliki buku pegangan yang dapat membantunya dalam berlatih perkalian. Maka dari itu, peneliti mencoba menggunakan media kotakmatika yang diharapkan dapat mengatasi kesulitannya terebut dan meningkatkan kemampuan anak dalam menghitung perkalian.

Media kotakmatika adalah media dasar perhitungan aritmatika bentuk deduktif dari media sempoa, media ini bukan sekedar rumus untuk mempercepat hubungan tetapi merupakan cara berpikir.

Permasalahan yang ditemui oleh peneliti adalah : (1) Anak mengalami kesulitan menyelesaikan operasi perkalian 6 s/d 10. (2) hasil belajar matematika anak masih rendah (dibawah kriteria ketuntasan minimal), (3) aneka media sudah dilakukan guru, hasilnya belum maksimal untuk meningkatkan kemampuan perkalian anak.

Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan tentang keefektifan penggunaan media kotakmatika dalam meningkatkan kemampuan perkalian pada siswa kelas IV SD N 14 Koto Panjang Padang.

B. Rumusan Masalah

1. Apakah media kotakmatika efektif dalam meningkatkan kemampuan perkalian pada siswa kelas IV SD N 14 Koto Panjang Padang?

C. Metode Penelitian

Jenis penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan menggunakan design subyek tunggal. Penelitian ini menggunakan desain A-B-A.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media kotakmatika, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan operasi hitung perkalian.

Teknik pengumpulan data dengan memberikan sebuah tes berupa soal perkalian. Peneliti menilai skor yang diperoleh anak tersebut ketika menjawab soal.

D. Hasil Penelitian

1. Deskripsi Data

a. Kondisi Baseline (A1)


b. Kondisi Intervensi (B)



c. Kondisi Baseline (A2)




Dari hasil analisis grafik di atas, menunjukkan bahwa adaya perubahan peningkatan dalam kemampuan perkalian siswa setelah diberikan intervensi melalui media kotakmatika.

E. Kesimpulan

Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SDN 14 Koto Panjang Padang, serta telah dijelaskan dalam pemaparan data pada bab IV yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian pada anak berkesulitan belajar melalui media kotakmatika. Banyaknya pengamatan dalam kondisi Baseline (A) sebanyak lima kali pengamatan dan terlihat bahwa kemampuan menjawab soal perkalian pada anak kesulitan belajar masih rendah. Sedangkan pada kondisi intervensi (B) setelah anak diberikan perlakuan dengan media kotakmatika sebanyak 8 kali pengamatan, maka terlihat bahwa kemampuan perkalian dalam menjawab soal meningkat. Dan pada kondisi (Baseline A2) anak menjawab soal 6 s/d 10 soal, yaitu 17 yang benar meningkat secara signifikan.

Setelah penelitian ini dilaksanakan dengan pengolahan serta analisis datanya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa, terbukti Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho ditolak. Berarti telah diperoleh bukti yang cukup untuk menyatakan bahwa kemampuan perkalian anak kesulitan belajar X dapat ditingkatkan dengan media kotakmatika.

Hasil analisis data, baik analisis dalam kondisi maupun analisis antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data tingkat perubahan yang meningkat secara positif serta overlape pada analisis semakin kecil.

Dari keseluruhan analisis data baik dalam kondisi maupun antar kondisi menunjukkan adanya perubahan kemampuan perkalian anak kesulitan belajar kearah yang lebih baik. Hasil perolehan data ini menunjukkan bahwa media kotakmatika efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan perkalian pada anak berkesulitan belajar kelas IV di SDN 14 Koto Panjang Padang.




KOMENTAR DAN PENDAPAT



A. Secara Umum

Menurut saya, media kotakmatika ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa. Sudah terbukti dari presentasenya yang semula 10%-30% dan setelah diberi intervensi naik drastis menjadi 80%.

Dari berbagai jurnal yang menggunakan media kotakmatika seperti dalam jurnal ini, juga menghasilkan peningkatan yang drastis dalam kemampuan perkaliannya. Salah satunya pada jurnal “Peningkatan Hasil Pembelajaran Perkalian Menggunakan Media Kotakmatika Di Kelas Iv Sekolah Dasar”. Dalam jurnal tersebut menyebutkan bahwa hasil analisis peneliti adalah yang mulanya jumlah rata-rata nilai 72,5, setelah diberi intervensi berubah menjadi 80.

Dengan demikian, media kotakmatika ini dapat dijadikan sebagai media yang efektif dalam meningkatka kemampuan perkalian pada anak yang berkesulitan belajar berhitung.

B. Secara Khusus

Jurnal tersebut sudah mencakup berbagai aspek, seperti abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, kesimpulan, saran, dan sebagainya. Namun, dalam pendahuluan pendeskripsian media kotakmatika hanya sedikit, jadi sedikit membingungkan pembaca bentuk dari kotakmatika itu sendiri bagaimana, cara menggunakannya bagaimana, dan sebagainya.




DAFTAR PUSTAKA



Mislah, Abdussamad, dan Sri Utami.2014. Peningkatan Hasil Pembelajaran Perkalian Menggunakan Media Kotakmatika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran vol. 3 No 6 (2014). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6156 diakses 16 April 2015

Padmawinata, Endang U., dan Budiman T.2013. Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Perkalian Dengan Konsep Kotakmatika Perkalian Kelas III SDN 14 Senapit.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran vol 2 No.4 (2013). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1659 diakses 16 April 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Jakarta

 
TOP